Rumah. Itulah pandangan pertama ketika menginjakkan kaki di depan Tretyakov Gallery yang berada di kota Moskow, Rusia, Sabtu (2/3/2024). Namun, kita dibuat terkejut setelah memasukki tempat tersebut. Dari depan hingga belakang, kita disuguhi deretan lukisan dan foto yang terpampang di dinding serta patung patung yang menghiasi di sekitarnya. Karya foto, lukisan, dan patung itu disebut berjumlah sekitar 180.000. Semua karya seni ini disajikan pada puluhan ruangan atau hall.

Pemandu di Tretyakov Gallery, Tatiana mengatakan karya seni Rusia, mulai dari abad ke 11 hingga awal abad ke 20 ada di Tretyakov Gallery. Tretyakov Gallery merupakan aset perbendaharaan nasional seni rupa Rusia dan termasuk museum terbesar di dunia. Lokasinya di jalur tertua di Moskow Zamoskvorechye, tidak jauh dari Kremlin.

Sambil mengajak kami berkeliling, Tatiana menjelaskan sosok sosok penting yang wajahnya terpampang di lukisan atau foto. Tretyakov Gallery, Rumah yang Dipenuhi Ratusan Ribu Karya Foto, Lukis & Patung Bersejarah Rusia Karya Lukis 30 Perempuan Indonesia Dipamerkan di Hadiprana Gallery Jakarta

Buktikan Ketangguhan Kaum Hawa, Karya Lukis 30 Perempuan Indonesia Dipamerkan di Hadiprana Gallery Soal PAT Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 2, Lengkap dengan Kunci Jawaban Halaman all Ratusan Ribu Ikan Mati akibat Gelombang Panas di Vietnam, Waduk Seluas 300 Hektar Dipenuhi Bangkai

Penampakan Langit Wonosobo yang Dipenuhi Balon Udara, Dipadati Puluhan Ribu Warga Ukraina Mulai Buru Karya Seni yang Dijarah dalam Invasi Rusia Menhub Budi Karya Janji Percantik Stasiun Bersejarah di Klaten dan Yogyakarta

Tatian menjelaskan, Pavel Tretyakov mulai mengoleksi karya seni pada pertengahan tahun 1850. Galeri Tretyakov dipercaya berdiri tahun 1856, ketika Tretyakov membeli dua lukisan karya seniman Rusia: Godaan oleh Nikolay Shilder dan Pertempuran dengan Penyelundup Finlandia oleh Vasily Khudyakov. Pada tahun 1867 Galeri Kota Moskow Pavel dan Sergei Tretyakov dibuka untuk umum.

Saat itu, koleksi galerinya terdiri dari 1.276 lukisan, 471 patung dan 10 gambar karya seniman Rusia, serta 84 lukisan karya master asing. Pada Agustus 1892 Tretyakov mempersembahkan galeri seninya ke pemerintahan kota Moskow. Pembukaan resmi museum pada 15 Agustus 1893. Galeri ini terletak di sebuah rumah besar yang dibeli oleh keluarga Tretyakov pada tahun 1851.

Koleksi seni Tretyakov kian bertambah, hingga akhirnya dilakukan renovasi dan penambahan ruangan pada tahun 1873, 1882, 1885, 1892 dan 1902–1904.