Klias Wetland River Cruise di Sabah, Malaysia, merupakan satu destinasi wisata yang patut dicoba ketika tengah berada di Kota Kinabalu, Malaysia. Klias Wetland River Cruise ini sebagian besar dipenuhi hutan bakau dan hutan rawa gambut. Klias Wetland juga bagian dari Hutan Lindung Klias. Klias River Cruise merupakan rumah bagi populasi bekantan dalam jumlah besar. Satwa liar lainnya termasuk buaya muara, berang berang, kera ekor panjang, biawak, monyet daun perak dan beragam jenis burung, termasuk burung enggang.

Beragam populasi tersebut menjadi daya tarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Klias River Cruise. Terlebih, pengunjung juga bakal mendapati kunang kunang pada saat malam tiba. Dari gerbang masuk utama, perlu jalan kaki selama kurang lebih 2 menit untuk menuju pintu masuk menuju area peristirahatan bagi pengunjung wisata Klias River Cruise. Pengunjung yang datang, disuguhi makanan pembuka yang beraneka ragam mulai dari pisang goreng, ubi goreng dan makanan ringan lainnya. Tersedia juga teh dan kopi yang bisa dinikmati kapan saja.

Jelajah Sungai Klias Wetland di Sabah, Malaysia, Bertemu Monyet dan Wisata Kunang kunang Wisata NTT, Pesona Golo Depet, Bukit Kunang kunang yang Indah di Manggarai Timur PDIP Usung Ade Kunang di Pilkada Kabupaten Bekasi, Soleman: Anak Muda Potensial dan Populer

40 Soal PAT Kelas 3 Tema 7 PPKn, Bahasa Indonesia, IPA dan Kunci Jawaban PAS, UAS Halaman 4 Daftar Sebagai Bakal Calon Bupati, Ade Kunang Siap Mundur dari DPRD Kabupaten Bekasi Usai Pesta Miras, 3 Warga Bojonegoro Tewas, Keluhkan Mual hingga Mata Berkunang kunang

WISATA Tabanan,Naik Perahu Lihat Goa dan 4 Pura, Jelajah Taman Tirta Giri Bhuwana di Sungai Dati Wisata NTT , Jelajah dan Nikmati Pesona Bukit Mando'o Di Rote Di satu sisi, tersedia juga booth makanan dan minuman yang bisa pengunjung beli dengan harga mulai RM 3.

Pengunjung Klias River Cruise ini, rata rata didominasi oleh rombongan. Tenang saja, setiap kapal berisikan 15 sampai 20 orang sudah termasuk travel guide. Selain itu, pengunjung wajib mengenakan baju pelampung atau life jacket untuk keselamatan selama perjalanan. Selama 1 jam 30 menit pengunjung akan menyusuri Klias River Cruise. Tentunya, sepanjang perjalanan, pengunjung akan disuguhkan oleh keanekaragaman hayati yang satu persatu mulai menampakkan diri.

Semakin jauh menyusuri Klias River, habitat lain pun mulai bermunculan. Monyet bekantan yang menjadi ikon wisata ini mulai terlihat. Memang, jenis monyet ini agak sulit ditemukan meskipun jumlahnya sekitar hampir 13.000 spesies di seluruh Malaysia. Wisata Kunang kunang

Selain menyusuri Klias River, pengunjung juga dapat menikmati senja dengan suguhan cantik yaitu pemandangan kunang kunang terbang seperti lampu yang menyala. Jadi, setelah 1 jam 30 menit menjelajah Klias River pengunjung akan beristirahat selama 30 menit untuk makan sebelum melanjutkan perjalanan wisata kunang kunang. Wisata kunang kunang ini dilakukan selama 20 menit, menggunakan kapal yang sama, pengunjung akan menjelajah ke sisi hulu Klias River untuk menikmati kunang kunang terbang.

Pada bagian ini, sayangnya keindahan kunang kunang tidak dapat diabadikan melalui kamera ponsel. Tips mengunjungi Klias River Cruise 1. Gunakan pakaian nyaman.

Menggunakan pakaian yang nyaman sangat penting ketika menjelajah Klias River. Terlebih, pengunjung akan melakukan kegiatan di luar ruangan atau outdoor sehingga harus menyesuaikan dengan kondisi di lapangan. 2. Memakai krim anti nyamuk Penggunaan krim anti nyamuk diperlukan utamanya bagi wisatawan yang membawa anak anak. Sebab, pengunjung akan melakukan perjalanan menyusuri hutan hutan bakau, pohon rindang untuk menikmati habitat Klias River agar lebih dekat.

3. Gunakan topi dan sandal Penggunaan topi di sini memang tidak diwajibkan, namun pada bagian ini topi dan sandal dirasa cocok digunakan ketika melakukan kegiatan outdoor. Harga dan tiket masuk Klias River

Pada bagian ini, pengunjung bisa mengakses www.onlyinborneotour.com untuk melakukan pemesanan terlebih dahulu sebelum berkunjung ke Klias River Cruise. Mengutip laman website tersebut, harga tiket masuk untuk trip kali ini mulai RM 185. Tentunya banyak yang akan didapat oleh calon wisatawan. Mulai dari penjemputan dari hotel, tour guide yang dikemas dalam paket wisata. "Pukul 13.00 waktu setempat penjemputan dari hotel dan berangkat menuju bagian barat daya Sabah, Beaufort selama kurang lebih 2 jam perjalanan," tulis website tersebut, dikutip Kamis (8/2/2024).

"Naik perahu fiberglass kami selama sekitar 1 jam 45 menit untuk mencari satwa liar di sepanjang tepi sungai. Kembali ke base camp dan nikmati makan malam prasmanan Malaysia yang disajikan sebelum melanjutkan untuk melihat sekilas kunang kunang. (jika cuaca memungkinkan) Transfer kembali ke hotel," jelasnya. Kemudian, jam operasional Klias River Cruise ini buka setiap hari mulai pukul 15.00 hingga pukul 20.00 waktu setempat. Jam buka mungkin akan sedikit mengalami perbedaan ketika hari hari besar misalnya pada saat Tahun Baru Imlek bulan ini.