Buat para pecinta kuliner, sop buntut menjadi menu wajib yang harus dicoba di Jakarta. Kali ini kita akan rekomendasikan beberapa tempat kuliner. Pertama adalah Sop Buntut Gajah. Restoran yang satu ini memiliki menu spesial sop buntut gajah, tapi bukan gajah sungguhan ya.

Nama buntut gajah sendiri digunakan karena restoran ini menggunakan daging sapi impor dengan ukuran yang super besar sehingga anda akan puas menikmatinya. Disajikan dengan kuah kaldu yang dimasak selama 18 jam dan daging yang super empuk sop buntut ini memiliki rasa yang autentik. Untuk penyajian 1 porsi sop buntut disajikan dengan tambahan emping dan perkedel kentang dan juga kondimen lainnya yang akan membuat Anda semakin puas.

Untuk Anda yang menyukai rasa rempah yang lebih kuat mereka memiliki bumbu rahasia yang wajib Anda tambahkan ke sop buntut Anda. Rekomendasi Kuliner yang Wajib Dicobain di Jakarta Rekomendasi 3 Destinasi Wisata Kuliner di Kota Jambi yang Wajib Dikunjungi

Rekomendasi Wisata Kuliner di Balikpapan Dengan Menu Seafood yang Wajib Dikunjungi 50 SOAL Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Ulangan/Ujian Semester 2 Kurikulum Merdeka 2024 & Kunci Jawaban Halaman 4 Rekomendasi Tempat Kuliner di Jogja 2024

Rekomendasi Kuliner Jogja: Warung Jamu yang Tradisional hingga Kekinian Kuliner Malam di Palembang, Wajib Coba Martabak HAR yang Legendaris Kuliner Bogor: 5 Rekomendasi Tempat Bukber di Bogor yang Murah, Menunya Beragam

Selain sop buntut gajah, restoran ini juga menyajikanbanyak pilihan menu lain yang cocok dinikmati bersama keluarga. Pilihan menu lainnya seperti sop buntut bakar, sop iga bakar, nasi goreng kecombrang dan masih banyak menu lainnya yang tidak kalah enaknya. Untuk Anda pecinta kopi, Anda bisa coba kopi gula aren dan martabak mini yang unik banget. Selain itu tersedia juga beraneka ragam cemilan lain seperti bakwan sayur, tempe mendoan.

Oh iya, Mereka baru buka cabang baru di gading serpong dengan konsep yang berbeda dan dengan interior mewah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap seperti mushola , vip room yang dilengkapi dengan karaoke set, parkir, wifi, smoking room yang full AC. Untuk lokasinya ada di ruko goldfinch, gading serpong. Untuk tempat makan yang menyajikan makanan yang enak dengan interior yang mewah ini harganya masih terbilang affordable, mulai dari Rp15 ribu hingga Rp110 ribu saja. Selain di Gading Serpong, Sop Buntut Gajah juga ada cabang di daerah Citra 6, Cengkareng, Mal Ciputra Cibubur dan Mall Artha Gading. Restoran bernama Sate Khas Senayan ini bukan hanya menyajikan ragam menu sate sate khas Indonesia saja.

Di sini pun terdapat beragam menu masakan Nusantara lainnya termasuk sajian sop buntut enak. Sudah berdiri sejak tahun 1974, cabangnya pun terdapat di banyak tempat seperti di SCBD, Menteng, hingga kawasan Depok. Sop buntut sengkel di sini disajikan dengan sangat nikmat memakai daging buntut sapi empuk dan kuah kaldu bening segar. Isian lainnya juga lengkap dari mulai wortel, seledri, telur rebus, kentang goreng, serta gak ketinggalan sambal dan emping melinjonya. Makanan berkuah yang segar lainnya ada asam asam iga.

Kedai Ayam Afrika menjadi salah satu destinasi kuliner yang cukup populer di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Selain karena namanya, ayam goreng buatan Sam (58) terkenal dengan sajian unik, yakni bertabur bawang bombai yang dimasak hingga terkaramelisasi. Menu khas Afrika ini biasanya disandingkan dengan pisang tanduk goreng untuk dicocol ke sambal rawit yang dikombinasikan dengan gerusan kemiri dan bawang putih. Sedangkan di Indonesia, seporsi nasi hangat selalu tersedia bagi Anda yang menginginkannya.

“Kami buka dari tahun 2003. Namanya ayam afrika karena resepnya dari orang Afrika asli,” kata Sam dikutip dari Kompas.com . Sam bercerita, dulu usaha ayam gorengnya tidak memiliki nama. Kala itu, dia berjualan menggunakan mobil di trotoar Jalan Jaksa, Menteng, Jakarta Pusat. Kebanyakan pelanggannya pada saat itu ialah orang orang asal Afrika. Bahkan, saking akrabnya, Sam memperbolehkan sang pelanggan untuk ikut masak dan “berpesta” di lapaknya.

Lantaran diberi resep dan mayoritas pelanggannya orang Afrika, itulah mengapa kedai ayam goreng milik Sam dinamai Ayam Afrika sejak 2003. “Dulu customer biasa (orang Afrika), hanya sering masak di tempat saya. Terus, kami suka tanya tanya, ‘Oh kalau orang Afrika masak (kayak) gini,” tutur Sam. “Makin hari orang Afrika datang banyak. Hampir warung ini orang Afrika semua, orang Indonesia enggak ada,” imbuh dia. Siapa bilang di daerah Mangga Besar cuma ada warung makan bakmie dan makanan Chinese lainnya saja.

Di sini juga terdapat tempat makan sop buntut yang terkenal enak di Jakarta bernama Sop Buntut Mangga Besar. Sudah buka sejak tahun 1999, tempat makan ini juga sering dikunjungi para pencinta kuliner Ibukota. Daging buntut sapinya gak perlu diragukan lagi karena sangat empuk dan sedap saat dikunyah.

Kuahnya juga memakai bumbu dan rempah yang cukup kuat, sehingga harum aromanya langsung tercium ketika hendak diseruput. Tambahan menu favorit lainnya ada buntut goreng, iga goreng, dan nasi bakar cakalang. Alamat: Jl. Mangga Besar I No. 49, Mangga Besar, Jakarta Barat.