Konstruksi bangunan adalah bagian yang punya peranan penting pada sebuah proyek pembangunan, baik untuk pembangunan sederhana seperti rumah maupun bangunan besar lainnya. Biasanya bagian konstruksi bangunan wajib dicek secara berkala, untuk menjaga kualitas dari bangunan yang akan dihasilkan nantinya. 

Apa itu Konstruksi Bangunan?

Pada sebuah konstruksi bangunan, parameter yang biasanya dikontrol meliputi bahan bangunan dan perhitungan volume yang dibutuhkan untuk sebuah gedung. Kemudian parameter tersebut digunakan untuk merancang bangunan dengan pertimbangan lingkungan dan juga anggaran yang dibutuhkan. 

Pada sebuah konstruksi bangunan, terdiri dari beberapa bagian yang punya fungsi masing-masing. Anda yang ingin membangun sebuah bangunan tentu harus tahu apa saja bagian dari konstruksi, bahkan saat ingin membangun atau renovasi rumah sekalipun. Cara ini bisa membuat Anda bisa tahu, bagian mana saja yang perlu diperbaiki atau dibangun. 

Bagian Konstruksi Bangunan yang Wajib Ada 

Beberapa bagian konstruksi bangunan adalah sebagai berikut. 

  • Fondasi

Bagian konstruksi bangunan satu ini merupakan bagian dasar yang akan menentukan kokoh atau tidaknya, sebuah bangunan. Pondasi terhubung langsung ke tanah yang fungsinya adalah menahan beban seluruh bangunan, agar tetap bisa berdiri kokoh.

Penting untuk membuat pondasi dengan baik di atas tanah dengan kemiringan yang tepat dan aman dari ancaman longsor.

  • Balok Sloof

Balok sloof merupakan bagian yang mendatar di atas pondasi. Fungsi sloof adalah sebagai pengunci dinding sehingga jika terjadi pergeseran tanah, maka dinding tidak mudah roboh.

  • Dinding

Yang ketiga ada dinding, ini merupakan bagian konstruksi bangunan rumah maupun gedung. Bagian ini punya fungsi untuk menutup bangunan rumah dan melindungi penghuni. Dinding juga bisa difungsikan sebagai partisi ruangan. 

  • Kolom

Kolom merupakan salah satu bagian konstruksi yang penting untuk rumah. Kolom memiliki bentuk batang yang berdiri di beberapa sisi bangunan. Kolom dibuat dari material beton, baja dan juga bekisting balok ring. 

  • Ventilasi

Ventilasi masuk  dalam kategori bagian konstruksi bangunan gedung atau rumah. Bagian ventilasi ini punya fungsi untuk menjaga sirkulasi udara yang ada di dalam rumah. Umumnya ventilasi berbentuk lubang udara yang ada di atas pintu atau jendela rumah.

  • Balok Latei

Balok lantai adalah konstruksi bangunan rumah yang biasanya ada di bagian atas untuk menahan bagian atas pula pada bangunan. Balok lantai letaknya ada di atas pintu atau jendela, agar kusen pintu lebih kokoh dan tidak melengkung.

  • Lantai

Lantai adalah elemen penting pada konstruksi rumah atau gedung. Karena jika lantai tidak nyaman, maka di rumah juga tidak akan betah berada di rumah. Sebaiknya pemilihan lantai disesuaikan dengan desain dan warna lantai serta desain rumah. 

  • Jendela dan Pintu

Jendela dan pintu merupakan konstruksi rumah untuk menjaga sirkulasi udara di rumah. Pemilihan jendela dan pintu, sebaiknya memiliki ukuran yang proporsional sesuai fasad rumah.

  • Rangka Atap/Kuda-kuda

Rangka atap disebut juga dengan kuda-kuda merupakan bagian atas rumah. Jadi sebelum memasang atap, maka kontraktor harus memasang rangka atap terlebih dahulu sebagai penahan agar atap yang dipasang bisa stabil.

  •  Atap 

Setelah memasang rangka atap baru kemudian kontraktor memasang atap. Fungsi atap sebagai konstruksi bangunan adalah melindungi penghuni rumah dan gedung dari kepanasan, kehujanan dan juga angin kencang. 

Sekarang tentu Anda sudah tahu apa itu konstruksi bangunan dan juga bagian-bagian penting dari konstruksi bangunan itu sendiri. Anda yang ingin membangun hunian maupun gedung, sangat penting memilih material gedung terbaik. Salah satunya Anda bisa membeli dari produsen bahan bangunan SCGCBM.ID. 

SCG CBM Indonesia memiliki banyak produk material dan bahan bangunan ramah lingkungan mulai dari semen, beton instan, bata ringan, mortar, beton ready mix, beton pracetak dan masih banyak lagi. Semua produk yang dijual sudah pasti berkualitas dan diproses dengan teknologi canggih. Sehingga mempercepat proses pembangunan hunian maupun gedung rumah Anda.