Makanan yang mengandung alkali adalah makanan yang merupakan solusi untuk penderita gerd. Pada umumnya makanan yang sangat asam bisa menyebabkan mulas pada beberapa orang. Hal tersebut terjadi, ketika aliran asam dari lambung menuju kerongkongan. Agar tidak terjadi, maka anda bisa mengontrol makanan yang masuk ke dalam lambung.

Apa saja makanan yang merupakan solusi untuk penderita gerd?

  1. Pisang

Perlu diketahui bahwa makanan yang dikonsumsi bisa mempengaruhi jumlah asam yang diproduksi di dalam perut. Mengkonsumsi jenis makanan yang tepat adalah kunci untuk mengendalikan penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD).

Penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah asam lambung yang parah dan kronis. Untuk menanganinya tentu harus diet makanan alkali. Makanan alkali mempunyai manfaat baik untuk penderita lambung, karena merupakan solusi untuk penderita gerd.

Melakukan diet makanan alkali bisa membantu dalam melawan risiko keasaman, yang membawa kelegaan bagi orang dengan masalah asam lambung. Makanan pertama yang bisa anda konsumsi adalah pisang. Pisang adalah buah alkali yang mempunyai sifat basa dan berwarna kuning.

Pisang mengandung sumber serat dan vitamin B6 yang baik, serta mampu menjaga kadar kalium di dalam tubuh anda. Pisang sangat baik untuk jantung dan tulang secara umum, karena nutrisi yang ditawarkan bisa berbeda-beda bergantung pada tingkat kematangan dari pisang tersebut.

Anda bisa memakan pisang kapan saja dan di mana saja. Pisang sangat baik untuk camilan, campuran makanan, dimakan langsung atau diolah dalam beberapa resep tertentu. Dalam beberapa resep tertentu, pisang sering sekali digunakan sebagai alternatif untuk mengganti komponen lemak.

  1. Jahe

Antiinflamasi adalah sifat alami yang ada pada tanaman jahe. Jahe merupakan makanan yang mengandung alkali, juga merupakan obat alami untuk mengatasi mulas serta masalah pencernaan. Agar Anda bisa mendapatkan manfaat dari jahe, maka anda bisa mengolahnya dengan baik.

Anda bisa menambahkan parutan atau irisan jahe ke dalam resep dan smoothies. Anda juga bisa minum teh jahe untuk meredakan rasa tidak nyaman yang disebabkan akibat asam lambung atau gerd.

  1. Apel

Buah rendah asam yang merupakan sumber serat yang bagus adalah apel. Serat yang terkandung di dalam apel bisa membantu anetap kenyang lebih lama. Juga bisa membuat anda meminimalkan makan berlebihan di siang hari karena serat membantu menurunkan kolesterol.

Serat yang anda miliki juga bisa membantu mencegah lonjakan gula darah yang terdapat di dalam tubuh. Adapun kulit apel secara umum juga mengandung polifenol dan flavonoid yang berhasiat untuk kesehatan. Anda tidak perlu lagi mengupas kulit apel, sebab kandungan di dalamnya baik untuk anda.

  1. Seledri

Seledri sangat baik untuk penderita gerd, sebab kandungan air yang tinggi membuat seledri nyaris bebas kalori. Kerap digunakan sebagai penekanan nafsu makan untuk menghentikan makan berlebihan yang bisa menyebabkan mulas.

Sayuran jenis ini kaya akan magnesium dan nutrisi utama lainnya, sangat mampu untuk mencegah atau mengurangi perkembangan bisul di saluran pencernaan. Seledri mengandung jenis ekstrak etanol sebagai pelindung yang bisa mengisi kembali lendir lambung yang diperlukan.

Seledri juga bisa melapisi lapisan lambung dan mengontrol jumlah asam lambung yang dilepaskan. Untuk itu, makanan yang mengandung alkali jenis ini adalah makanan yang sangat baik bagi penderita gerd.

Secara teoritis, makanan alkali sangat baik untuk penderita asam lambung. Anda bisa memperbanyak konsumsi makanan di atas, karena individu dengan masalah asam lambung perlu menghindari makanan yang dapat memicu asam lambung seperti makanan pedas.